KURIKULUM SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN

Lates Updated : Thu, 02 Oct 2025


KURIKULUM SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN 

SMP Islam Al-Ulum Terpadu menggunakan Kurikulum terpadu semi pesantren menggabungkan kurikulum nasional (Kurikulum Merdeka) dengan nilai-nilai keislaman, menciptakan sistem pendidikan yang holistik. Model ini mengintegrasikan pembelajaran akademik umum dengan pembinaan karakter Islami, namun tidak sepenuhnya seperti pesantren murni karena siswa tidak tinggal di asrama (atau hanya sebagian).

 

Struktur Kurikulum

1. Mata Pelajaran Akademik Umum (60-70%)

  • Mata pelajaran wajib sesuai standar nasional: Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila, PJOK, Seni Budaya
  • Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan berbasis proyek
  • Integrasi nilai-nilai Islam dalam setiap mata pelajaran

2. Mata Pelajaran Keagamaan (30-40%)

  • Al-Qur'an & Hadits: Tahfidz, tahsin, tajwid, dan pemahaman makna
  • Aqidah Akhlak: Pembentukan karakter dan moral Islami
  • Fiqih: Praktik ibadah sehari-hari dan muamalah
  • Sejarah Kebudayaan Islam: Siroh nabawiyah dan peradaban Islam
  • Bahasa Arab: Dasar-dasar komunikasi dan pemahaman teks agama

 

Pendekatan Pembelajaran

Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Umum

  • Matematika: Konsep hitung zakat, waris, pembagian harta
  • IPA: Ayat-ayat kauniyah, sains dalam Al-Qur'an
  • IPS: Peradaban Islam, ekonomi syariah
  • Bahasa: Sastra Islam, retorika dakwah

Program Pembiasaan Keislaman

  • Sholat berjamaah (Dhuhur dan Ashar di sekolah)
  • Tadarus pagi sebelum pembelajaran
  • Kultum setelah sholat berjamaah
  • Dzikir ma'tsurat
  • Infaq rutin (Jumat berkah)

 

Kegiatan Penunjang

Program Harian

  • 07.00-07.30: Tadarus Al-Qur'an bersama
  • 07.30-12.30: Pembelajaran akademik terintegrasi
  • 12.30-13.00: Sholat Dhuhur berjamaah dan kultum
  • 13.00-15.00: Pembelajaran lanjutan/ekstrakurikuler

Program Mingguan

  • Halaqoh/Mentoring keagamaan
  • Kajian kitab kuning (untuk level dasar)
  • Muhadhoroh (latihan pidato 3 bahasa: Indonesia, Arab, Inggris)
  • Jumat khusyuk dan tausiyah

Program Bulanan/Semester

  • Pesantren kilat saat Ramadhan
  • Khataman Al-Qur'an bersama
  • Peringatan hari besar Islam (PHBI)
  • Studi wisata Islami (ziarah, museum Islam)

 

Metode Penilaian

Aspek Akademik

  • Ujian tertulis dan praktik sesuai standar nasional
  • Penilaian berbasis proyek dan portofolio
  • Rapor mengikuti format Kemendikbud

Aspek Kepesantrenan

  • Evaluasi hafalan Al-Qur'an dan hadits
  • Penilaian akhlak dan kedisiplinan ibadah
  • Kemampuan baca kitab dan bahasa Arab
  • Rapor kepesantrenan terpisah atau terintegrasi

 

Target Kompetensi Lulusan

Lulusan diharapkan memiliki:

  • Kompetensi Akademik: Lulus dengan nilai baik sesuai standar nasional
  • Kompetensi Keagamaan: Hafal minimal 1-3 juz Al-Qur'an, menguasai ibadah praktis, baca kitab dasar
  • Kompetensi Karakter: Berakhlakul karimah, disiplin, mandiri, dan religius
  • Kompetensi Sosial: Kemampuan dakwah sederhana, kepemimpinan, dan komunikasi

 

Kelebihan Kurikulum Ini

  • Keseimbangan antara ilmu umum dan agama
  • Pembentukan karakter Islami yang kuat
  • Tetap fleksibel (siswa pulang ke rumah)
  • Biaya lebih terjangkau dibanding pesantren penuh
  • Siswa tetap dapat bersosialisasi dengan keluarga
  • Persiapan lebih baik untuk melanjutkan ke jenjang MA atau SMA